"CARA INSTAL WINDOWS SERVER 2003 DI VIRTUAL BOX


Assalamualaikum Wr.Wb
Pada kesempatan ini saya akan berbagi informasi tentang
“CARA INSTAL WINDOWS SERVER 2003 DENGAN VIRTUAL BOX”

Langkah pertama sebelum instal windows server 2003 adalah :

1.     Instalasi Sistem
Proses awal pada instalasi dan konfigurasi windows server 2003 ini adalah instalasi sistem. Proses instalasi menentukan proses instalasi selanjutnya, jika instalasi gagal maka konfigurasi pun tidak akan bisa dilakukan.
Langkah-langkah untuk instalasi sistem operasi windows server 2003 tidak jauh berbeda dengan instalasi windows xp atau pun sistem operasi yang lainnya, yang membutuhkan seting BIOS pada awal instalasi.
Alat dan bahan yang dibutuhkan meliputi komputer atau laptop, file ISO windows server 2003, dan Aplikasi Virtual box . Dan saya akan instal windows server 2003 enterprise edition, bagai mana langkahnya…Langsung saja akan saya jelaskan bagaimana proses instalasi dilakukan.

1. Seting BIOS untuk mengatur boot pertama dari flasdish, kemudian pada tampilan dibawah ini pilih option A untuk menginstal windows 2003 server enterprise edition kemudian enter. 


2. Kemudian  tekan F8 untuk menyetujui dan melanjutkan instalasi



     3.  Kemudian tentukan partisi , jika ingin membuat partisi atau create partition tekan C


 4. Kemudian tentukan berapa partisi yang anda perlukan sebagai contoh saya isi dengan 10GB kemudian       tekan enter.

    5.   Kemudian untuk partisi yang ke dua tinggal tekan enter.

  6.   kemudian pilih jenis file system NTFS dengan format biasa atau pun format cepat (Quick) kemudian tekan enter.

7. untuk memulai setup tekan enter.


8. kemudian tunggu sampai proses selesai.



9. Setelah itu komputer akan merestart dan akan masuk ke proses instalasi berikutnya 


10. Pada tampilan ini jika ingin ada yang di rubah pilih customize jika tidak ada langsung tekan  Next.


11. Kemudian isi Name dan Organization, sebagai contoh saya isi Name dengan Nama saya dan Organization saya isi jurusan saya yaitu tkj kemudian pilih Next.


 12. Kemudian isi Serial Number  JB88F-WT2Q3-DPXTT-Y8GHG-7YYQY  seperti gambar di bawah ini kemudian pilih Next.



 13. Pada tampilan Licensing Mode tinggal pilih mode per to per atau pir to user  dan saya memilih per server (pir to user) kemudian pilih Next.


 14.  Kemudian isi nama komputer dan pasword untuk login kalau sudah di isi pilih Next



15. Kalau ada pesan seperti gambar di bawah ini pilih yes.


 16. Kemudian pilih Time Zone GMT +Bangkok,Honai,Jakarta kemudian pilih Next.



 17. Pada Networking Setting langsung saja pilih Typical Settings lalu pilih Next.



18.  Lalu ganti workgroup menjadi nama workgroup yang akan digunakan contohnya SWIKSARA kemudian pilih Next.


 19. Kemudian tunggu sampai instalasi selesai.


 20 Instalasi selesai .

 21. jika ingin login silah kan tekan ctrl, Alt Del.


 22. Kemudian isi Pasword yang sudah agan buat




SEMOGA BERMANFAAT
Selamat Mencoba.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar